Contoh Soal Psikotes Umum Dan Cara Menjawabnya

Contoh soal psikotes umum – Psikotes, tes ini biasanya akan sering ditemui saat seseorang sedang mengikuti tes ujian masuk perguruan tinggi dan sedang mencoba melamar sebuah pekerjaan. Soal psikotes secara umum memuat beberapa tes logika gambar (soal-soal tentang logika tes), tes deret gambar, tes soal aritmatika, tes logika penalaran, tes mencocokkan gambar dan beberapa tes lainnya. Hampir sebagian besar calon pekerja atau pelamar yang direkrut sebuah instansi diwajibkan mengikuti tes ini sehingga cocok dan mendapatkan posisi yang tepat dengan kepribadian yang dimilikinya.

Untuk menjadi pekerja yang handal, pengujian ini memang sangat dibutuhkan. Tak bisa dipungkiri, dewasa ini psikotes sangat dibutuhkan untuk beragam posisi yang diincar, baik sebagai mahasiswa, karyawan swalayan, dokter, perawat, tentara, polisi dan sebagainya. Dengan kata lain, Anda juga wajib memahami psikotes agar semua target yang ingin Anda capai bisa diwujudkan dengan maksimal. 

Pahami Psikotes

Psikotes berasal dari kata ‘Physico’ yang bermakna mental fisik dan kata test yang berarti ujian. Secara istilah, psikotes ini merupakan sebuah metode yang diperoleh dari hasil kontrol psikologi dari seseorang yang melakukan tes. Tes ini dilakukan dengan cara menggunakan alat khusus yang dilakukan oleh para ahli di bidang psikotes, yakni mereka yang memahami dengan benar tentang watak manusia jika dilihat dari sisi kecerdasan, ketertarikan, sikap dan kepribadian.

Beberapa contoh soal psikotes umum biasanya akan dilengkapi dengan beberapa komponen kata dan kalimat yang memiliki penilaian terkait kepribadian dan watak seseorang. Psikotes memang sedikit berbeda dengan tes potensi akademik (TPA). Biasanya TPA digunakan untuk melihat kepintaran seseorang. Hal yang berbeda dimiliki oleh psikotes, dimana tes ini hanya digunakan untuk melihat bagaimana sikap dan cara seseorang menangani dan memecahkan sebuah masalah. So, jangan heran jika orang yang terkesan bodoh dalam menanggapi pelajaran malah bisa lulus psikotes.

Cara Menjawab Soal Psikotes

1. Mendapatkan istirahat cukup sebelum mengerjakan psikotes

Sebelum melakukan tes psikologi, pastikan Anda telah mendapatkan istirahat yang cukup. Jangan begadang semalaman jika paginya Anda hendak melakukan psikotes. Hal ini dikarenakan Anda akan membutuhkan daya fokus dan konsentrasi yang tinggi untuk menjawab soal-soal psikotes. Selain itu, pastikan Anda telah mengkonsumsi makanan yang sehat sehingga bisa melakukan tes dengan lancar. Dalam psikotes, kondisi fisik dan mental sangat mempengaruhi hasil akhir yang Anda capai karena kedua hal tersebut merupakan modal utama yang dibutuhkan.

2. Biasakan diri Anda melatih otak

Membiasakan diri melatih otak sedini mungkin juga sangat dibutuhkan sebelum melakukan psikotes. Caranya cukup mudah, Anda bisa mencoba menjawab beberapa contoh soal psikotes umum.  Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai soal psikotes yang beredar di internet. Selain itu, di beberapa buku juga memuat berbagai soal psikotes yang bisa dipelajari untuk memudahkan menjawab soal saat melewati sebuah seleksi. Cobalah untuk menjawab soal psikotes ini sebelum mengikuti psikotes yang sebenarnya.

3. Tanyakan hal yang belum dipahami pada orang yang pernah mengikuti psikotes

Jangan malu bertanya jika Anda tidak ingin sesat di jalan. Hal ini juga berlaku saat Anda hendak melakukan psikotes. Bertanyalah pada teman atau orang yang pernah mengikuti psikotes mengenai hal-hal yang belum Anda pahami dengan benar. Baik gambaran mengenai tes yang sebenarnya, cara menjawab soal hingga hal lainnya yang membuat Anda khawatir. Oleh sebab itu, segera cara orang yang memahami psikotes dengan baik sehingga bisa menerangkan gambaran psikotes hingga gambaran mengenai contoh soal psikotes umum.

0 Response to "Contoh Soal Psikotes Umum Dan Cara Menjawabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel